Rabu, 27 Mei 2009

Bermain Speda

MEMILIH UKURAN FRAME

Memilih ukuran frame yang sesuai dengan ukuran tubuh kita sebenarnya tidaklah terlalu sulit walaupun tidak bisa dianggap sebagai hal yang sederhana / mudah.

Pada umumnya pabrikan-pabrikan sepeda yang besar sudah menyertakan panduan untuk menentukan ukuran frame yang tepat, tapi pada umumnya terlalu susah untuk dipahami maupun diikutinya…… mengapa …?….?….?… ya karena pada umumnya panduan tersebut dibuat dan diperuntukan bagi para atlit atau paling tidak bagi mereka yang mempunyai perbandingan tubuh bagian atas (pinggul keatas) dan bagian bawah tubuh yang benar-benar proporsional padahal jarang orang memiliki postur tubuh yang seperti itu.

Walaupun begitu bukan berarti panduan tersebut tidak dapat dipakai lagi atau paling tidak akan dapat kita jadikan panduan / patokan dalam menentukan pilihan ukuran frame pasangan baru kita nantinya .

Ada sebuah panduan/patokan yang dapat kita jadikan pertimbangan yaitu : STAND OVER HEIGHT ( selisih ketinggian antara TOP TUBE/ pipa dalangan atas dengan selangkangan )
yang pengukurannya dilakukan dengan cara berdiri diatas tanah sambil selakangan menjepit pipa dalangan atas.

CROSS COUNTRY :
Sepeda Cross Country ( XC ) adalah sepeda yang digunakan untuk medan Off Road atau digunakan untuk balapan di medan Off Road.

Jarak ideal antara Selakangan dengan Top Tubenya
Stand Over Heightnya sekitar : 3,75 - 5 Cm.



DOWN HILL :
Sepeda Down Hill adalah sepeda yang digunakan untuk turun gunung atau untuk medan turunan yang ekstra tajam / curam.

Stand Over Heightnya adalah sekitar : 7,5 Cm.

FREE RIDE :
Sepeda Free Ride adalah sepeda yang digunakan untuk medan Off Road alami maupun medan/tantangan buatan yang ekstra berat.

Stand Over Heightnya adalah sekitar : 7,5 Cm.

ROAD RACE :
Sepeda Road Race adalah sepeda yang digunakan untuk adu kencang / balapan di jalan raya.

Stand Over Heightnya adalah sekitar : 2,5 Cm.

FRAME Only :
Untuk kita yang membeli frame saja pengukuran dengan cara tersebut masih dapat dilakukan dengan mempertimbangkan tambahan ketinggian sepeda setelah dipasangi Roda dan Bannya.

Menggunakan FRAME dengan Stand Over Height yang sesuai antara fungsi sepeda dengan ukuran tubuh kita akan membuat kegiatan bersepeda kita menjadi lebih aman dan nyaman yang pada gilirannya dapat menjamin kemampuan kita dalam bermanuver jadi tidak sia-sia.

Akhir kata dengan bersepeda kita akan menjadi sehat…… selamat bersepeda……semoga kita sehat bersama……. and thank’s for you Cycling bersamamu kami menjadi sehat .

1 komentar:

  1. Saya memiliki sebuah sepeda gunung tetapi sudah model lama berat karena terbuat dari besi, bagaimana bisa dimodifikasi sehingga nyaman untuk dipergunakan, mohon saran, Thk's
    From: Widi - Yogyakarta

    BalasHapus